Langsung ke konten utama

Pengaturan Tampilan Proyek AR di Editor Sederhana Assemblr Edu

 Setelah kita mempelajari bagaimana cara menambahkan objek 3D di editor sederhana Assemblr Edu di postingan yang ini, kali ini kita akan bahas cara mengatur tampilan proyek AR di editor sederhana Assemblr Edu apps.

Pada tampilan editor proyek AR kita, di pojok kiri atas ada 3 garis yang jika kita klik maka akan muncul deretan menu untuk mengatur tampilan proyek AR kita.



Pada bagian ini ada banyak sekali menu yang dapat kita gunakan untuk proyek AR kita. Mari kita bahas satu persatu.
1. Save - menu untuk menyimpan proyek AR kita
2. Rename - menu untuk mengganti nama proyek AR kita
3. Duplicate Project - menu untuk menggandakan proyek yang sudah kita buat sebelumnya
4. Change Background - menu untuk mengganti warna latar belakang dari proyek AR kita jika ditampilkan secara 3D
5. Editor settings - menu untuk pengaturan pada editor
6. On Screen Guide - menu untuk melihat tutorial dari Assemblr Edu secara langsung saat membuat proyek
7. Learning Resource - menu untuk melihat tutorial dari Assemblr Edu secara lengkap dari website Assemblr Edu
8. Reset Camera - menu untuk mengembalikan arah camera pada pengaturan awal

Baiklah karena banyak banget maka akan aku bahas beberapa aja ya..

Yang pertama yang akan kubahas adalah Change Background. Disini kamu bisa mengganti warna latar belakang dari proyek AR kamu jika ditampilkan secara 3D. Berikut tampilannya,



Nah, begitu de pengaturan tampilan proyek AR di editor sederhana Assemblr Edu. Mudah sekali bukan? Ok sampai sini dulu yaa kita akan lanjutkan di postingan berikutnya


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menambahkan Custom Marker AR di Assemblr Studio

 Hari ini, saya akan memberikan tutorial bagaimana cara menambahkan custom marker AR di Assemblr Studio. Sebelumnya saya akan membahas dulu, apa itu custom marker.. Nah, jadi produk AR Assemblr itu memiliki 2 jenis marker yaitu QR marker dan custom marker.. Apa itu marker? Marker adalah semacam barcode/gambar yang dipindai/scan menggunakan aplikasi Assemblr atau Assemblr Edu untuk menampilkan proyek AR di gadget. Nah, jenis marker yang berupa barcode hitam putih disebut dengan QR marker contohnya seperti ini Sedangkan jenis marker yang berupa gambar khusus disebut dengan custom marker contohnya seperti ini Tentunya, melihat marker dalam bentuk custom ini menarik sekali bukan? Kamu bisa berkreasi membuat flash card, buku, kaos, brosur, kartu ucapan, dan masih banyak lagi dengan custom marker ini agar gambar-gambar tersebut terlihat 'nyata' muncul di gadget kamu.. keren ya? Dan penggunaan custom marker ini tentunya memiliki nilai jual yang lebih kan? Bisa juga kamu pakai untuk ke...

Cara Menyimpan dan Mem-publish Proyek AR di Editor Klasik Assemblr Edu

 Kali ini, saya akan menjelaskan cara untuk menyimpan dan mem-publish proyek AR yang telah kita buat di editor klasik Assemblr Edu Untuk melakukan penyimpanan, caranya adalah kita buka menu yang ada di pojok kiri atas berupa 3 garis kemudian akan muncul tampilan berikut ini                                                          Klik Rename untuk mengganti nama proyek AR kita kemudian klik Save untuk menyimpan proyek AR kita.  Kita juga bisa melakukan Export 3D dari proyek yang telah kita buat Melalui halaman menu ini juga kita bisa melihat tutorial yang sudah disediakan oleh Assemblr Edu Kalau sudah selesai, kita bisa langsung quit saja Selain itu, kita juga bisa mem-publish proyk dengan mengeklik tombol share dan kemudian kita akan mendapatkan link proyek juga QR Markernya Selesai sudah tutorial penggunaan editor klasik Assemblr Ed...

Penjelasan Menu-menu Tambahan untuk Objek pada Editor Klasik Assemblr Edu

 Pada tutorial kali ini, saya akan menjelaskan beberapa fungsi dari menu tambahan untuk objek yang ada pada Editor Klasik Assemblr Edu Saya akan mulai dari menu delete yang ada di sebelah kiri Menu delete adalah menu untuk menghapus satu atau beberapa objek secara langsung tanpa harus men-selectnya terlebih dahulu. Jadi misalnya kamu lagi asik nambahin 3D object kemudian kamu gak sengaja meletakkan 3D object di tempat yang salah, maka kamu bisa aktifkan Delete Mode kemudian langsung saja objek tersebut kamu hapus dari proyek AR kamu Kemudian kita masuk ke menu anotasi Menu ini untuk menambahkan maupun mengatur posisi anotasi atau tulisan pada proyek AR kita Selanjutnya kita masuk ke menu visual Menu ini adalah untuk mengatur tampilan visual dari proyek AR kita. Bisa mengatur dari segi pencahayaan, warna, bayangan, dan lain sebagainya Selanjutnya kita masuk ke menu physics Menu ini adalah menu yang sangat menarik yang belum kamu temukan di Editor Sederhana Assemblr Edu maupun Studio...