Langsung ke konten utama

Cara Mentransformasi 3D Object di Editor Klasik Assemblr Edu

 Pada tutorial kali ini, saya akan membahas cara mentransformasi 3D object di Editor Klasik Assemblr Edu.

Transformasi yang bisa dilakukan pada aplikasi Assemblr Edu ada 3 jenis, yaitu:

1. Move

2. Rotate

3. Scale

Ketiga jenis transformasi ini, bisa diatur berdasarkan sumbu x (kanan/kiri), sumbu y (atas/bawah), dan sumbu z (depan belakang)

Mari kita bahas satu persatu

Pertama, kita masukkan terlebih dulu 3D object yang kita inginkan ke dalam Editor Klasik


Klik menu Transform yang ada di sebelah kiri, maka akan muncul tampilan seperti berikut ini


Pada bagian kiri, bisa kita lihat dari paling atas ada 3 pengaturan utama transform mode dan 2 lagi di bawahnya pengaturan tambahan. Sedangkan pada bagian kanan kita melihat ada menu untuk select seluruh atau sebagian dari objek yang ingin kita transformasi

Kita akan mulai dari yang paling atas, yaitu Move

Select dulu objek yang ingin kita transformasi move, kemudian pilih menu move di sebelah kiri, maka akan tampil seperti berikut ini


Disini dapat kita lihat sudah muncul 3 panah berwarna untuk melakukan transformasi move atau perpindahan posisi objek. Panah merah sebagai sumbu x, panah hijau sebagai sumbu y, dan panah biru sebagai sumbu z

Selanjutnya, kita akan mencoba transformasi yang kedua yaitu Scale

Select lagi objek yang ingin kita transformasi scale, kemudian pilih menu scale di sebelah kiri, maka akan tampil seperti berikut ini



Disini dapat kita lihat sudah muncul 3 panah berwarna untuk melakukan transformasi scale atau mengubah ukuran objek. Panah merah sebagai sumbu x, panah hijau sebagai sumbu y, dan panah biru sebagai sumbu z



Selanjutnya, kita akan mencoba transformasi yang ketiga yaitu Rotate

Select lagi objek yang ingin kita transformasi rotate, kemudian pilih menu rotate di sebelah kiri, maka akan tampil seperti berikut ini


Disini dapat kita lihat sudah muncul 3 panah berwarna untuk melakukan transformasi rotate atau mengubah arah putar objek. Panah merah sebagai sumbu x, panah hijau sebagai sumbu y, dan panah biru sebagai sumbu z

Nah, kamu bisa sesuaikan ya untuk proyek AR yang ingin kamu buat.. selamat mencoba yaa dan nantikan postingan tutorial berikutnya




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menambahkan Custom Marker AR di Assemblr Studio

 Hari ini, saya akan memberikan tutorial bagaimana cara menambahkan custom marker AR di Assemblr Studio. Sebelumnya saya akan membahas dulu, apa itu custom marker.. Nah, jadi produk AR Assemblr itu memiliki 2 jenis marker yaitu QR marker dan custom marker.. Apa itu marker? Marker adalah semacam barcode/gambar yang dipindai/scan menggunakan aplikasi Assemblr atau Assemblr Edu untuk menampilkan proyek AR di gadget. Nah, jenis marker yang berupa barcode hitam putih disebut dengan QR marker contohnya seperti ini Sedangkan jenis marker yang berupa gambar khusus disebut dengan custom marker contohnya seperti ini Tentunya, melihat marker dalam bentuk custom ini menarik sekali bukan? Kamu bisa berkreasi membuat flash card, buku, kaos, brosur, kartu ucapan, dan masih banyak lagi dengan custom marker ini agar gambar-gambar tersebut terlihat 'nyata' muncul di gadget kamu.. keren ya? Dan penggunaan custom marker ini tentunya memiliki nilai jual yang lebih kan? Bisa juga kamu pakai untuk ke...

Cara Menyimpan dan Mem-publish Proyek AR di Editor Klasik Assemblr Edu

 Kali ini, saya akan menjelaskan cara untuk menyimpan dan mem-publish proyek AR yang telah kita buat di editor klasik Assemblr Edu Untuk melakukan penyimpanan, caranya adalah kita buka menu yang ada di pojok kiri atas berupa 3 garis kemudian akan muncul tampilan berikut ini                                                          Klik Rename untuk mengganti nama proyek AR kita kemudian klik Save untuk menyimpan proyek AR kita.  Kita juga bisa melakukan Export 3D dari proyek yang telah kita buat Melalui halaman menu ini juga kita bisa melihat tutorial yang sudah disediakan oleh Assemblr Edu Kalau sudah selesai, kita bisa langsung quit saja Selain itu, kita juga bisa mem-publish proyk dengan mengeklik tombol share dan kemudian kita akan mendapatkan link proyek juga QR Markernya Selesai sudah tutorial penggunaan editor klasik Assemblr Ed...

Penjelasan Menu-menu Tambahan untuk Objek pada Editor Klasik Assemblr Edu

 Pada tutorial kali ini, saya akan menjelaskan beberapa fungsi dari menu tambahan untuk objek yang ada pada Editor Klasik Assemblr Edu Saya akan mulai dari menu delete yang ada di sebelah kiri Menu delete adalah menu untuk menghapus satu atau beberapa objek secara langsung tanpa harus men-selectnya terlebih dahulu. Jadi misalnya kamu lagi asik nambahin 3D object kemudian kamu gak sengaja meletakkan 3D object di tempat yang salah, maka kamu bisa aktifkan Delete Mode kemudian langsung saja objek tersebut kamu hapus dari proyek AR kamu Kemudian kita masuk ke menu anotasi Menu ini untuk menambahkan maupun mengatur posisi anotasi atau tulisan pada proyek AR kita Selanjutnya kita masuk ke menu visual Menu ini adalah untuk mengatur tampilan visual dari proyek AR kita. Bisa mengatur dari segi pencahayaan, warna, bayangan, dan lain sebagainya Selanjutnya kita masuk ke menu physics Menu ini adalah menu yang sangat menarik yang belum kamu temukan di Editor Sederhana Assemblr Edu maupun Studio...