Langsung ke konten utama

Cara Mengumpulkan Tugas di Kelas Assemblr Edu

 Kali ini saya akan membahas cara mengumpulkan tugas di kelas Assemblr Edu. Tugas disini berlaku untuk siswa ya.. tapi jika guru ingin menggunakan fitur yang ada disini juga boleh-boleh saja.

Pertama, pada halaman beranda di Kelas, bisa kita lihat ada form untuk menulis atau menaruh file di kelas seperti ini


Di bagian bawah, kita lihat ada beberapa jenis file yang bisa dibagikan ke kelas, antara lain:

1. Assemblr Project

2. Tautan

3. Gambar

4. Video

5. Berkas


Untuk Assemblr project sendiri sebelumnya sudah pernah dibahas di postingan yang ini. Jadi kali ini aku akan bahas untuk jenis file yang lain.

Yang pertama adalah tautan. Tautan adalah link yang biasanya kita buka melalui browser atau disebut juga dengan URL. Cara membagikan tautan adalah kita cukup copy saja tautan yang ingin kita bagikan dari browser kita kemudian kita pastekan ke menu tautan ini.


Yang kedua adalah gambar. Kita bisa memasukkan gambar yang berformat png/jpeg/jpg ke dalam kelas atau bisa juga melalui URL gambar yang kita dapatkan dari browser
Yang ketiga adalah video. Kita bisa memposting video ke dalam kelas namun untuk video hanya bisa melalui video youtube saja tidak perlu diupload ke dalam kelas

Yang terakhir adalah berkas. Kita bisa mengunggah berkas ke dalam kelas yang berformat PDF, DOC/DOCX, XLS/XLSX, PPT/PPTX atau kita juga bisa menyalin URL dari berkas tersebut untuk diposting di kelas misalnya URLnya berasal dari Google Drive

Selesai. Sampai disini tutorial untuk mengumpulkan tugas atau membuat postingan di kelas. Sampai jumpa lagi di postingan berikutnya






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menambahkan Custom Marker AR di Assemblr Studio

 Hari ini, saya akan memberikan tutorial bagaimana cara menambahkan custom marker AR di Assemblr Studio. Sebelumnya saya akan membahas dulu, apa itu custom marker.. Nah, jadi produk AR Assemblr itu memiliki 2 jenis marker yaitu QR marker dan custom marker.. Apa itu marker? Marker adalah semacam barcode/gambar yang dipindai/scan menggunakan aplikasi Assemblr atau Assemblr Edu untuk menampilkan proyek AR di gadget. Nah, jenis marker yang berupa barcode hitam putih disebut dengan QR marker contohnya seperti ini Sedangkan jenis marker yang berupa gambar khusus disebut dengan custom marker contohnya seperti ini Tentunya, melihat marker dalam bentuk custom ini menarik sekali bukan? Kamu bisa berkreasi membuat flash card, buku, kaos, brosur, kartu ucapan, dan masih banyak lagi dengan custom marker ini agar gambar-gambar tersebut terlihat 'nyata' muncul di gadget kamu.. keren ya? Dan penggunaan custom marker ini tentunya memiliki nilai jual yang lebih kan? Bisa juga kamu pakai untuk ke...

Cara Menyimpan dan Mem-publish Proyek AR di Editor Klasik Assemblr Edu

 Kali ini, saya akan menjelaskan cara untuk menyimpan dan mem-publish proyek AR yang telah kita buat di editor klasik Assemblr Edu Untuk melakukan penyimpanan, caranya adalah kita buka menu yang ada di pojok kiri atas berupa 3 garis kemudian akan muncul tampilan berikut ini                                                          Klik Rename untuk mengganti nama proyek AR kita kemudian klik Save untuk menyimpan proyek AR kita.  Kita juga bisa melakukan Export 3D dari proyek yang telah kita buat Melalui halaman menu ini juga kita bisa melihat tutorial yang sudah disediakan oleh Assemblr Edu Kalau sudah selesai, kita bisa langsung quit saja Selain itu, kita juga bisa mem-publish proyk dengan mengeklik tombol share dan kemudian kita akan mendapatkan link proyek juga QR Markernya Selesai sudah tutorial penggunaan editor klasik Assemblr Ed...

Penjelasan Menu-menu Tambahan untuk Objek pada Editor Klasik Assemblr Edu

 Pada tutorial kali ini, saya akan menjelaskan beberapa fungsi dari menu tambahan untuk objek yang ada pada Editor Klasik Assemblr Edu Saya akan mulai dari menu delete yang ada di sebelah kiri Menu delete adalah menu untuk menghapus satu atau beberapa objek secara langsung tanpa harus men-selectnya terlebih dahulu. Jadi misalnya kamu lagi asik nambahin 3D object kemudian kamu gak sengaja meletakkan 3D object di tempat yang salah, maka kamu bisa aktifkan Delete Mode kemudian langsung saja objek tersebut kamu hapus dari proyek AR kamu Kemudian kita masuk ke menu anotasi Menu ini untuk menambahkan maupun mengatur posisi anotasi atau tulisan pada proyek AR kita Selanjutnya kita masuk ke menu visual Menu ini adalah untuk mengatur tampilan visual dari proyek AR kita. Bisa mengatur dari segi pencahayaan, warna, bayangan, dan lain sebagainya Selanjutnya kita masuk ke menu physics Menu ini adalah menu yang sangat menarik yang belum kamu temukan di Editor Sederhana Assemblr Edu maupun Studio...