Langsung ke konten utama

Cara Membuat dan Bergabung di Kelas Assemblr Edu

Pada tutorial kali ini, aku akan menjelaskan cara membuat dan bergabung di kelas Assemblr Edu.

Kamu bisa login Assemblr Edu melalui websitenya di link ini atau bisa melalui aplikasi yang sudah diinstal dari Playstore/Appstore.

Nah, setelah kamu login, tampilan layar yang pertama kali akan kamu lihat adalah seperti ini


Menu kelas berisi daftar kelas yang kamu tergabung di dalamnya, entah itu sebagai guru ataupun sebagai murid.
Di kelas, kamu bisa melakukan banyak hal kegiatan belajar mengajar seperti berbagi materi pelajaran maupun mengumpulkan tugas

Untuk bergabung di kelas, caranya cukup mudah, pertama bisa dari guru kamu yang mengundang kamu secara langsung ke dalam kelas melalui menu undang siswa atau kamu juga bisa masuk ke kelas dengan memasukkan kode kelas pada tombol di paling bawah yaitu "Gabung kelas lain" yang kalau di-klik akan muncul tampilan berikut


Dengan cara ini, kamu bisa memasukkan 5 digit kode kelas yang dibagikan oleh guru ke kamu kemudian kamu tinggal klik "lanjut" dan udah de kamu sudah bergabung ke kelas

Nah sekarang aku akan bahas cara untuk membuat kelasnya ya..

Di pojok atas baris "Kelas Anda", kamu bisa menemukan ada tombol + disana.

Klik tombol + kemudian tampilan layar kamu akan menjadi seperti berikut ini:


Isi nama, deskripsi, dan latar belakang kelas kemudian klik "buat"

Setelah itu, kelasmu sudah selesai dibuat dan akan tampil kelas yang udah kamu buat barusan


Gampang banget kan bikin kelasnya? 

Oke, sampai sini dulu yaa.. berikutnya aku akan memberikan tutorial apa aja yang bisa kamu lakukan di kelas







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menambahkan Custom Marker AR di Assemblr Studio

 Hari ini, saya akan memberikan tutorial bagaimana cara menambahkan custom marker AR di Assemblr Studio. Sebelumnya saya akan membahas dulu, apa itu custom marker.. Nah, jadi produk AR Assemblr itu memiliki 2 jenis marker yaitu QR marker dan custom marker.. Apa itu marker? Marker adalah semacam barcode/gambar yang dipindai/scan menggunakan aplikasi Assemblr atau Assemblr Edu untuk menampilkan proyek AR di gadget. Nah, jenis marker yang berupa barcode hitam putih disebut dengan QR marker contohnya seperti ini Sedangkan jenis marker yang berupa gambar khusus disebut dengan custom marker contohnya seperti ini Tentunya, melihat marker dalam bentuk custom ini menarik sekali bukan? Kamu bisa berkreasi membuat flash card, buku, kaos, brosur, kartu ucapan, dan masih banyak lagi dengan custom marker ini agar gambar-gambar tersebut terlihat 'nyata' muncul di gadget kamu.. keren ya? Dan penggunaan custom marker ini tentunya memiliki nilai jual yang lebih kan? Bisa juga kamu pakai untuk ke...

Cara Menyimpan dan Mem-publish Proyek AR di Editor Klasik Assemblr Edu

 Kali ini, saya akan menjelaskan cara untuk menyimpan dan mem-publish proyek AR yang telah kita buat di editor klasik Assemblr Edu Untuk melakukan penyimpanan, caranya adalah kita buka menu yang ada di pojok kiri atas berupa 3 garis kemudian akan muncul tampilan berikut ini                                                          Klik Rename untuk mengganti nama proyek AR kita kemudian klik Save untuk menyimpan proyek AR kita.  Kita juga bisa melakukan Export 3D dari proyek yang telah kita buat Melalui halaman menu ini juga kita bisa melihat tutorial yang sudah disediakan oleh Assemblr Edu Kalau sudah selesai, kita bisa langsung quit saja Selain itu, kita juga bisa mem-publish proyk dengan mengeklik tombol share dan kemudian kita akan mendapatkan link proyek juga QR Markernya Selesai sudah tutorial penggunaan editor klasik Assemblr Ed...

Penjelasan Menu-menu Tambahan untuk Objek pada Editor Klasik Assemblr Edu

 Pada tutorial kali ini, saya akan menjelaskan beberapa fungsi dari menu tambahan untuk objek yang ada pada Editor Klasik Assemblr Edu Saya akan mulai dari menu delete yang ada di sebelah kiri Menu delete adalah menu untuk menghapus satu atau beberapa objek secara langsung tanpa harus men-selectnya terlebih dahulu. Jadi misalnya kamu lagi asik nambahin 3D object kemudian kamu gak sengaja meletakkan 3D object di tempat yang salah, maka kamu bisa aktifkan Delete Mode kemudian langsung saja objek tersebut kamu hapus dari proyek AR kamu Kemudian kita masuk ke menu anotasi Menu ini untuk menambahkan maupun mengatur posisi anotasi atau tulisan pada proyek AR kita Selanjutnya kita masuk ke menu visual Menu ini adalah untuk mengatur tampilan visual dari proyek AR kita. Bisa mengatur dari segi pencahayaan, warna, bayangan, dan lain sebagainya Selanjutnya kita masuk ke menu physics Menu ini adalah menu yang sangat menarik yang belum kamu temukan di Editor Sederhana Assemblr Edu maupun Studio...